Penggunaan internet pada sektor pemerintahan (e-government) juga memicu tumbuhnya
transparansi pelaksanaan pemerintahan.
Internet membentuk budaya
baru dalam mencari informasi, cara memandang sebuah
kejadian, cara baru mencari/menyebar berita, cara baru berbelanja atau memesan
barang, dan lain-lain. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya
hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil
melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering
dilakukan melalui internet. Transaksi
melalui internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Perkembangan internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi.
Dengan makin besarnya jumlah warga internet (warganet), makin berkembangpula dalam mewujudkan
budaya internet yang memiliki pengaruh yang besar atas ilmu dan pandangan dunia.
Jumlah warga internet (warganet) yang besar dan makin berkembang telah
mewujudkan budaya internet. Internet memiliki pengaruh yang besar atas ilmu dan
pandangan dunia.
A. Komputasi dan Ruang Lingkupnya
Di masa sekarang, mayoritas orang sudah
mengenali komputer berukuran kecil yang disebut
Personal Computer (PC) atau
komputer mikro. Disebut personal, karena pengoperasiannya cukup membutuhkan satu
orang saja, beda dengan komputer pada zaman dahulu yang butuh banyak orang.
Kecepatan, biaya komunikasi, dan prosesor komputer memengaruhi penggunaan
sumber-sumber daya tersebut. Dalam hal ini, warganet di seluruh dunia memiliki
akses yang mudah atas beraneka ragam informasi dengan hanya berpandukan pada
sebuah mesin pencari (search engine)
seperti Google. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, penggunaan internet melambangkan penyebaran (decentralization) informasi dan data secara
ekstrem
1.
Budaya Informatika
Lewat Berpikir Komputasional
Computational thinking diperkenalkan oleh Seymour Papert pada tahun 1980 dan 1996. Pemerintah Inggris
pada tahun 2014 memasukkan materi pemrograman ke dalam kurikulum sekolah dasar
dan menengah dengan tujuannya mengenalkan computational
thinking sejak
dini kepada
siswa. Hal tersebut karena adanya anggapan bahwa hal tersebut dapat
membuat siswa menjadi lebih cerdas dan lebih cepat memahami teknologi yang ada
di lingkungan sekitar. Jeannette M.
Wing menyatakan bahwa computational thinking dibangun di atas kekuatan
dan batas-batas proses
komputasi yang akan dieksekusi oleh manusia atau oleh
sebuah mesin.
Berpikir komputasi adalah teknik pemecahan masalah yang sangat luas wilayah
penerapannya. Tidak mengherankan bahwa memiliki kemampuan
tersebut adalah sebuah keharusan bagi seseorang yang hidup pada Abad
ke-21. Computational thinking melatih otak untuk terbiasa
berpikir secara logis,
terstruktur dan kreatif, misalnya dalam bermain musik dan belajar bahasa asing. CT memang
memiliki peran penting
dalam pengembangan aplikasi komputer, namun CT
juga dapat digunakan untuk mendukung pemecahan masalah
di semua disiplin ilmu, termasuk humaniora, matematika
dan ilmu pengetahuan. Siswa yang
belajar di mana CT diterapkan dalam kurikulum (proses pembelajaran) dapat melihat hubungan
antara mata
2.
Kolaborasi Informatika Lewat Tematik
Salah satu aspek informatika yang
banyak digunakan pada kolaborasi lewat tematik berkaitan dengan struktur untuk
menggambarkan bentuk relasi (graf). Graf bisa diterjemahkan sebagai salah satu sarana
dalam informatika untuk menggambarkan jaringan
sosial. Graf sederhana
terdiri dari node (menyatakan orang) dan garis
(menyatakan relasi teman).
a. Sejarah teori graf
Seorang matematikawan Swiss dinyatakan sebagai orang yang
pertama kali (1736) menulis artikel ilmiah di bidang teori graf adalah Leonhard Euler.
Artikel dengan judul “Seven Bridges
of Königsberg” yang ditulisnya
membahas permasalahan ada atau tidaknya struktur yang saat ini. Perkembangan teori graf dikenal sebagai sirkuit Euler
pada graf keterhubungan daratan kota Königsberg (sekarang Kaliningrad, Russia)
dan pulau kecil di tengah sungai Pregel yang dihubungkan oleh tujuh buah jembatan. Pada masa berikutnya, disiplin
ilmu teori graf belum meraih perhatian besar para
matematikawan penting dalam sejarah sampai kurang lebih seratus tahun kemudian,
masalah pewarnaan peta diperkenalkan oleh Francis
Guthrie. Pada tahun
1852, Francis Guthrie
menyadari adanya empat warna berbeda yang dibutuhkan untuk mewarnai peta wilayah Britania
Raya dengan setiap dua daerah bersebelahan selalu memiliki dua warna berbeda. Hingga pada awal
Abad Keduapuluh, para saintis
menemukan banyak manfaat dari teori
graf di
bidang-bidang lain seperti ilmu komputer,
kimia teoretik, transportasi, dan lain-lain.
Mengamati
Amatilah komponen-komponen penyusun
teori graf yang ada di lingkungan sekolah
kalian! Tulis hasil
pengamatan kalian di buku tugas!
b. Perkembangan teori
graf
Berbagai bentuk struktur dapat direpresentasikan dengan graf, dan berbagai jenis masalah dapat
diselesaikan dengan bantuan
graf. Teori graf atau teori grafik dalam matematika dan ilmu komputer adalah cabang kajian yang
mempelajari sifat-sifat graf (grafik) dan hal ini ini tidak sama dengan grafika.
Pengertian graf secara informal adalah himpunan benda-benda yang disebut simpul (vertex
atau node) yang terhubung oleh sisi (edge) atau busur (arc). Biasanya
graf digambarkan sebagai kumpulan titik-titik (melambangkan
simpul) yang dihubungkan oleh
garis-garis (melambangkan sisi) atau garis berpanah (melambangkan busur). Suatu
sisi dapat menghubungkan suatu simpul dengan
simpul sejenis yang disebut gelang (loop).
Misalnya jaringan pertemanan Facebook yang bisa direpresentasikan dengan graf, berupa
simpul-simpul yang mereprentasikan para pengguna
Facebook dan ada sisi antarpengguna jika dan hanya jika mereka berteman.
Perkembangan algoritme untuk menangani graf akan berdampak besar bagi ilmu komputer. Sebuah struktur graf bisa dikembangkan dengan memberi bobot pada tiap sisi. Graf berbobot dapat digunakan
untuk melambangkan banyak konsep berbeda. Misalnya sebuah graf melambangkan jaringan jalan maka
bobotnya bisa berarti panjang jalan maupun batas kecepatan tertinggi pada jalan
tertentu. Ekstensi lain pada graf adalah dengan membuat
sisinya berarah, yang secara teknis disebut graf berarah atau digraf (directed graph). Digraf dengan sisi berbobot disebut
jaringan. Jaringan banyak digunakan pada cabang praktis
teori graf yaitu
analisis jaringan. Perlu
dicatat bahwa pada analisis
jaringan, definisi kata “jaringan” bisa berbeda, dan sering berarti
graf sederhana (tanpa
bobot dan arah).
c. Implementasi teori
graf
Metode otomatis pada program komputer bertujuan untuk
menganalisis relasi (graf) dalam menganalisis
jaringan sosial. Metode analisis graf
bermanfaat dalam aplikasi GPS, di
mana persimpangan jalan diwakili oleh
node dan jalur-jalur yang bersesuaian dengan edge. Program komputer untuk menganalisis graf dapat dipakai
untuk mencari jalan
terpendek antara dua tempat.
Contoh paling mudah dapat dilihat ketika seseorang mengunggah foto pribadi ke
internet, maka harus berpikir hati-hati
tentang siapa saja yang mungkin
melihat gambar. Karena sangat sulit untuk mengontrol siapa saja yang bisa melihat
gambar, maka langkah terbaik
adalah tidak pernah
meng- upload gambar ke internet kecuali
gambar yang dapat
untuk konsumsi publik,
di stasiun bus lokal,
atau sekolah
3.
Problema Model
Komputasi menggunakan Kalkulasi Integrasi Numerik
Integrasi numerik merupakan suatu metode untuk menghitung luasan di bawah suatu fungsi pada
grafik pada selang (jeda) yang diberikan, misalnya selang waktu. Jika suatu benda memiliki bentuk tetap
dan telah diketahui secara massal misalnya segitiga, trapesium, bujur sangkar dan lain sebagainya akan dengan mudah untuk menghitung luas benda
tersebut. Hal ini akan berbeda jika suatu benda yang dimaksud terdapat pada
fungsi dan tidak mengetahui luas di bawah fungsi tersebut, maka cara paling
mudah adalah menggunakan metode integral numerik. Hal tersebut dikarenakan
untuk benda yang telah diketahui secara umum memiliki rumus yang selama ini dikenal, misalnya bujur sangkar = sisi × sisi, persegi
panjang = panjang
× lebar, trapesium = jumlah sisi sejajar × tinggi × ½, dan segitiga
4.
= ½ × alas × tinggi.
Dengan demikian, integrasi numerik
sebagai salah satu metode alternatif untuk mengintegrasikan
suatu persamaan tanpa mengesampingkan integrasi analitis. Integrasi analitis
sebagai cara integrasi yang sulit, terutama
pada persamaan-persamaan yang kompleks dan rumit. Secara mendasar, aturan
Simpson memerlukan satu set data yang berjumlah ganjil. Oleh karena itu, jika
data yang tersedia berjumlah genap, maka proses perhitungannya adalah data pertama
dan kedua dihitung
berdasarkan aturan Trapezoidal dan sisanya dihitung
berdasarkan aturan Simpson.
Aturan Simpson adalah suatu
aturan yang digunakan untuk menghitung luas suatu kurva polinom berderajat dua
atau berderajat tiga dengan pendekatan yaitu pendekatan
menggunakan partisi berbentuk parabola. Dalam metode Simpson ada dua jenis
yaitu metode Simpson
1 per 3 dan metode
Simpson 3 per 8. Beberapa
hal yang berhubungan dengan
integrasi numerik adalah sebagai berikut.
a. Bentuk umum persamaan integrasi numerik pada
aturan Trapezoidal adalah sebagai berikut
b. Bentuk umum persamaan integrasi numerik pada
aturan Simpson adalah sebagai berikut
Hal mendasar yang perlu
diketahui bahwa
satu set data x sama dengan
satu set data yang memiliki
deret beraturan atau memiliki rentang yang sama (h) pada setiap datanya. Pada
saat persamaan tersebut ingin diintegrasikan, maka integrasi numerik menjadi langkah alternatif yang digunakan. Adapun
pokok inti dari integrasi numerik
adalah menghitung integrasi suatu persamaan dari satu set data yang melingkupi satu set data nilai x dan satu set data nilai f(x). Dua teknik yang biasa digunakan pada integrasi numerik adalah aturan
Trapezoidal dan aturan Simpson. Guna mempermudah perhitungan menggunakan aturan di atas dibantu menggunakan bahasa
pemrograman. Pada dasarnya, metode Trapezoidal
maupun metode Simpson memang memberikan hasil yang hampir sama.
Bentuk pembuatan program kalkulasi integrasi
numerik paling mudah menggunakan program Microsoft Visual Basic,
walaupun tidak menutup kemungkinan menggunakan aplikasi berbasis teks yang lain. Dalam hal ini, penggunaan metode
yang digunakan berupa
kombinasi antara metode Trapezoidal dan Simpson, sebab metode
Simpson memerlukan kumpulan data ganjil, maka perhitungan integrasi dua data awal menggunakan metode Trapezoidal dengan integrasi data yang selanjutnya dilakukan dengan menggunakan metode
Simpson. Sebagian besar
data diintegrasikan dengan
metode Simpson yang lebih
akurat, dikarenakan integrasinya berdasarkan pendekatan fungsi kuadrat untuk
setiap tiga set data pada kumpulan data yang ingin diintegralkan.
a. Persamaan integrasi
Beberapa persamaan integrasi yang digunakan adalah sebagai
berikut
1) Jika menggunakan persamaan integrasi Trapezoidal, maka bentuk persamaannya sebagai berikut. Persamaan integrasi
Trapezoidal
2) Jika menggunakan persamaan integrasi Simpson, maka bentuk persamaannya sebagai berikut. Persamaan integrasi Simpson
Buatlah daftar pertanyaan tentang
persamaan integrasi yang belum kalian pahami! Mintalah bantuan teman kalian untuk menjawab
pertanyaan tersebut! Jika teman kalian mengalami kesulitan, mintalah guru untuk
menjawab ketidaktahuan kalian!
b. Pembuatan program
integrasi numerik
Pembuatan program integrasi numerik dapat
mengggunakan pemrograman C/C++ untuk menghitung luas suatu daerah di bawah fungsi yang biasa dilakukan adalah menghitung nilai integral
di bawah fungsi dengan batas atas dan batas bawah yang telah ditetapkan.
Namun, komputer tidak mengenal integral.
Komputer hanya mengenal
operasi bilangan yang dasar seperti
tambah, kali, bagi, dan lain-lain. Metode integrasi numerik memberikan prosedur dalam menghitung
nilai integral tersebut dengan perhitungan biasa. Terdapat banyak
metode dalam integrasi numerik, di antaranya metode jumlah atas dan jumlah
bawah, metode simpson 1/3, metode trapezoidal, dan metode gauss quadrature.
Misalnya program
untuk menghitung nilai sebagai berikut
c.
5. Mengembangkan dan Menggunakan Abstraksi
Empat kemampuan dasar
dalam computational
thinking (CT)
yaitu decomposition, pattern
generalization, abstraction, dan algorithm design. Pattern generalization dan abstraction sebagai kemampuan untuk menyaring
informasi yang tidak perlu untuk menyelesaikan jenis
permasalahan tertentu dan menggeneralisasi informasi yang diperlukan. Computational thinking (CT) sebagai
sebuah pendekatan dalam
proses pembelajaran dan berperan
penting dalam pengembangan aplikasi komputer serta dapat digunakan untuk pendukung pemecahan masalah pada semua disiplin ilmu.
Beberapa metode yang digunakan,
antara lain sebagai berikut
a. Decomposition
Kemampuan memecah data, proses, atau masalah (kompleks) menjadi
bagian-bagian yang lebih kecil atau menjadi tugas-tugas yang mudah dikelola. Misalnya memecah ‘drive/folder’ dalam sebuah
komputer berdasarkan komponen penyusunnya, yaitu file dan folder
b. Pattern recognition
Metode jenis ini dapat digunakan
untuk melihat perbedaan
maupun persamaan pola, tren, dan keteraturan dalam data yang nantinya
akan digunakan dalam membuat prediksi dan penyajian data. Misalnya mengenali
pola file document, system file, file eksekusi, atau
struktur data/file
c. Abstraction
Abstraksi bermanfaat dalam melakukan
generalisasi dan identifikasi prinsip-prinsip umum untuk menghasilkan pola, tren, dan keteraturan tersebut. Misalnya menempatkan semua file sistem di folder Windows, file program di
folder Program Files, file data/ dokumen di folder Mydocuments dan file pendukung
di Drive/Folder terpisah
d. Algorithm design
Algorithm design bermanfaat dalam mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step-by-step, sehingga orang
lain dapat menggunakan informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang sama. Misalnya langkah-langkah dalam mencari file-file dokumen yang
ada dalam sebuah komputer.
e.
6.
Penerapan Computational Thinking (CT)
B. Ruang Lingkup Informatika
Computational thinking
menggunakan abstraksi
dan dekomposisi pada saat merancang
sebuah sistem besar yang kompleks atau pun memecahkan tugas besar yang kompleks. CT mulai diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran, bahkan di
beberapa negara untuk membantu serta mempercepat pengintegrasian dan
penetrasi ke arah computational thinking dengan memasukan
Computer Science (ICT) sebagai sebuah mata pelajaran wajib dalam
kurikulum nasional. Karakteristik berpikir komputasi (CT) dalam merumuskan
masalah dengan menguraikan masalah tersebut ke segmen yang lebih kecil dan
lebih mudah dikelola. Strategi ini memberi peluang pada siswa untuk mengubah
masalah yang kompleks menjadi beberapa prosedur yang bukan hanya lebih mudah untuk dilaksanakan, tetapi juga menyediakan cara efisien dalam
berpikir kreatif.
1.
Program Komputer dan
Model Komputasi
Problem Based Learning (PBL) merupakan elemen penting dari science,
technology, engineering, dan Matematika (STEM) yang digunakan pada mayoritas pendidikan di Indonesia, bahkan sudah berkembang
menjadi STEAM di mana huruf “A” mewakili “Arts” (seni). Hal ini menjadi
pilihan representasi yang sesuai
untuk masalah mau pun aspek pemodelan yang relevan dari masalah untuk
membuatnya menjadi mudah dikerjakan. Dalam pendidikan STEM, berpikir komputasi (CT) didefinisikan sebagai seperangkat
keterampilan kognitif yang memberi peluang pada pendidik mengidentifikasi pola, memecahkan masalah
selain kompleks menjadi langkah-langkah kecil, mengatur dan membuat
serangkaian langkah untuk memberikan solusi, serta membangun representasi data
melalui simulasi
Mengasosiasi
Lakukan analisa tentang model
komputasi pada program komputer! Manakah model komputasi yang menurut kalian
penggunaannya paling efektif? Diskusikan dengan teman sebangku kalian, kemudian
buatlah laporan diskusi! Kumpulkan hasilnya pada guru untuk dinilai!
a. Metodologi
b. Model komputasi
c. Pemrograman
1) Komponen pemrograman
a)
b)
2) Konsep dasar
pemrograman
a) Object Oriented Language, seperti Visual dBase, Visual
FoxPro, Delphi, dan Visual C.
b) High Level Language, seperti Pascal dan Basic.
c) Middle Level Language, seperti pada bahasa C.
d) Low Level Language, seperti pada bahasa Assembly.
3) Persyaratan Kualitas
a) Kegunaan (ergonomi)
sebuah program
b) Efisiensi/kinerja
c) Reliabilitas
d) Modifikasi
e) Portabilitas
4) Kompleksitas algoritma
5) Mengukur pemakaian
bahasa pemrograman
2.
Perbaikan Model
Komputasi
3.
Pengalaman Berpikir
Komputasional
Komputasi modern memiliki
karakteristik tertentu, di antaranya komputer terhubung ke jaringan luas dengan kapasitas bandwidth
beragam, komputer maupun jaringan tidak terdedikasi di mana bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas, serta komputer penyedia
sumber daya bersifat heterogenous yang berarti terbagi
menjadi berbagai jenis
perangkat keras, sistem
operasi, dan aplikasi yang terpasang. Pengalaman berpikir komputasional lebih mengacu pada penerapan komputasi secara
realistis, di antaranya sebagai berikut.
a. Penerapan komputasi
modern pada website mataharimall.com
Mataharimall.com adalah situs belanja online No.
#1 dan terbesar di Indonesia. MatahariMall memberikan fasilitas pelayanan yang terbaik untuk mendukung kalian belanja online
dengan aman, nyaman dan terpercaya. Mataharimall.com menawarkan beragam kemudahan
untuk bertransaksi, seperti transfer
antarbank, kartu kredit dengan cicilan
0%, O2O (Online-to-Offline), COD (Cash On Delivery), dan metode lainnya.
Mataharimall.com menyediakan ratusan
ribu pilihan produk dengan
harga terbaik dari segala kebutuhan, mulai dari fashion wanita, fashion pria,
produk kecantikan, smartphone, elektronik, hobi, makanan dan minuman, dan lainnya. Mataharimall.com menawarkan
24 jam non-stop discount dan puluhan promo menarik setiap harinya. Dengan begini, belanja online murah bisa jadi pilihan menarik
yang sayang jika kalian lewatkan
1) Pada tampilan
utama website MatahariMall pengguna dipermudah dengan tampilan
pilihan penawaran discount untuk berbagai kategori barang, login, dan berbagai informasi lain mengenai
MatahariMall yang disampaikan melalui website
tersebut. Berikut tampilan menu utama website MatahariMall.
2) Pada website MatahariMall user dipermudah dengan menu kategori
yang ada di tampilan
utama. Di sini terdapat semua
kategori produk yang ditawarkan di MatahariMall. Berikut
tampilan pilihan kategori pada website
MatahariMall.
3) Hanya dengan mengklik gambar barang atau produk yang diinginkan, pengguna dapat dengan
mudah memesan barang tersebut dan proses kerja pemesanan ini diproses oleh Komputer.
Tampilan di bawah ini adalah tampilan
halaman untuk mengetahui informasi mengenai suatu barang atau produk. Dengan mengklik, “Beli
Aja” pengguna akan berpindah ke tampilan untuk pemesanan lebih lanjut.
4) Guna mengonfirmasi pemesanan apakah pengguna
akan melanjutkan ke pembayaran atau masuk ke “Troli Anda”. Tampilan
halaman konfirmasi pemesanan adalah sebagai berikut.
5) Jika pengguna ingin melanjutkan pembayaran, maka pengguna harus login terlebih dahulu untuk bisa memesan suatu barang atau produk. Tampilan halaman
untuk Login dan Register
adalah sebagai berikut.
Mataharimall.com ini dalam penerapan
komputasi modern sudah cukup baik di mana terdapat fitur layanan pemesanan secara online. Sistem layanan pada website
MatahariMall sudah mengandung
unsur-unsur penerapan komputasi
modern, proses pada layanan di
proses oleh kemampuan computer. Mulai dari kita membuka website
sampai kita memesan dan mendapatkan barang tersebut
di tangan kita, berarti dalam penerapan komputasi
modernnya bisa di katakan sukses dan sesuai yang di harapkan untuk era sekarang
ini.
b. Penerapan komputasi
modern pada perusahaan EIGER
Salah satu website yang mengaplikasikan komputasi modern adalah website
dari perusahaan EIGER (http://eigeradventure.com ). Kita pasti sudah tidak asing dengan merk
ini, EIGER sendiri adalah merk dari alat perlengkapan outdoor. Di website ini kita bisa melihat sedikit tentang perusahaan
EIGER, produk-produk yang dijual dan berbagai kegiatan
yang dilakukan EIGER. Website EIGER sudah termasuk ke dalam
penerapan komputasi modern
yang terdapat pada layanan pemesanan online. User/customer dapat memesan produk secara virtual/online tanpa harus datang langsung ke toko tersebut. Sistem layanan
pada website perusahaan ini telah mengandung unsur-unsur yang merupakan penerapan dari komputasi modern.
1) Tampilan halaman utama
Pada halaman
utama ditampilkan tentang kegiatan yang dilakukan
EIGER, produk terbaru serta harganya dan akses ke menu lainnya.
2) Tampilan login
Untuk dapat melakukan
pemesanan kita harus membuat
akun terlebih dahulu,
dengan cara register dan jika sudah kita
dapat Login dan melakukan pemesanan
3) Tampilan list produk
Di bagian ini menampilkan produk-produk yang dijual oleh EIGER, jika kita memilih salah satu produknya
maka akan muncul pilihan untuk pembelian, atau memasukkan
barang ke wishlist, dan jika di kilik pilihan quick buy maka akan
tampil menu jumlah barang dan add to bag
4) Tampilan order
Setelah kita memastikan jenis barang yang dibeli kita akan diminta memasukkan data diri dan alamat lengkap
serta metode pembayaran dan kode pemesanan barang.
5) Tampilan menu user
Pada bagian ini ditampilkan
barang yang sudah kita pesan dan status pengiriman barang, jika
pembayaran sudah dilakukan maka barang akan seegra di proses dan dikirim ke
alamat yang tertera
6) Tampilan track your order
Pada menu ini kita dapat melihat
di mana pesanan
kita sudah di proses, apakah sudah di kirim atau masih dalam pemrosesan
7) Tampilan our store
Di sini akan ditampilkan peta dunia serta marker yang menunjukkan di mana saja outlet EIGER
Store berada, di sini juga diberikan alamat
dari Store tersebut.
c.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar